7 Makanan Sehat Untuk Ginjal

7 Makanan Sehat Untuk Ginjal

Organ ginjal adalah bagian vital yang memiliki fungsi sebagai penyerap partikel halus yang memiliki kandungan racun. Ginjal akan menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh manusia sehingga tubuh tetap sehat. Tapi ada berbagai jenis penyakit ginjal yang cukup mengancam.

Berikut adalah daftar makanan sehat untuk ginjal yang bisa Anda coba konsumsi sehari-hari supaya ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

  • Kecambah

Entah itu mengatasi atau mencegah batu ginjal, kecambah merupakan makanan yang tepat untuk digunakan di mana Anda bisa mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Bagi ginjal, kecambah itu bagus jika dikonsumsi mentah daripada dimasak. Anda bisa mulai mencobanya dan merasakan ada properti bagus yang ditawarkan.

Alasan mengapa kecambah sangat dianjurkan adalah karena kecambah sangat bagus untuk membersihkan organ ginjal. Karena ginjal selalu dalam kondisi bersih, berarti kesehatannya harus dijaga dan segala bentuk risiko penyakit ginjal, termasuk batu ginjal, bisa dicegah. Anda bisa mengkonsumsinya setelah membersihkan kecambah dulu.

  • Paprika Merah

Satu lagi makanan enak untuk ginjal, yaitu paprika merah. Tak banyak dari kita yang bisa mengonsumsinya, namun paprika merah merupakan salah satu makanan yang bisa menghancurkan sampah di tubuh. Terkadang tanpa kita sadari, mengonsumsi makanan atau obat tertentu bisa menyebabkan penumpukan racun.

Lada merah inilah yang akan membantu ginjal berfungsi optimal dan membuang segala jenis limbah atau racun yang mengancam kesehatan tubuh. Makan paprika merah sesering mungkin dan bergiliran dengan makanan sehat lainnya agar ginjal agar tidak bosan.

Cara menggunakannya, potong paprika merah dan tambahkan ke menu makanan anda.

  • Minyak Zaitun

Khasiat minyak zaitun cukup banyak dan karena itulah minyak ini sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa dalam memasak. Khasiatnya tidak diragukan lagi dan tidak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh, minyak zaitun banyak digunakan sebagai wujud penampil agar terlihat cantik.

Minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari mampu menjaga kesehatan ginjal dan jantung, jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menggunakannya. Kandungan anti-inflamasi dari asam lemak sangat tinggi sehingga diyakini sangat baik dalam mengurangi oksidasi dan menjaga ginjal tetap terjaga dengan baik. Gunakan untuk memasak agar makanan yang Anda nikmati lebih sehat daripada menggunakan minyak goreng biasa.

  • Ceri

Buah ceri nampaknya sangat baik dan sehat untuk ginjal karena bisa mendetoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, ceri sangat rendah protein tapi kaya vitamin, sehingga tidak akan berbahaya sama sekali untuk organ ginjal. Mengkonsumsinya seringkali tidak akan menjadi masalah dan sangat dianjurkan.

Protein rendah pada buah ini membuat buah ceri yang bisa membantu meningkatkan kualitas fungsi ginjal. Tak hanya itu, kadar kalium berlebih yang tubuh juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah ini secara teratur. Makanlah ceri secara langsung atau campurkan pada smoothies sehingga Anda tidak akan bosan.

  • Bawang Putih

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh bawang putih pada tubuh meski ada juga efek samping bawang putih yang masih harus diwaspadai. Di dalam bawang putih, ada kandungan antioksidan tinggi yang berguna dalam memberikan perlindungan tubuh dari bahaya radikal bebas.

Kandungan anti pembekuan juga tinggi sehingga menurunkan risiko jenis penyakit jantung lainnya. Kadar kolesterol tinggi bisa diturunkan dengan mengonsumsi bawang putih. Jadi selain baik untuk ginjal, bawang putih sangat manjur dalam mencegah radang dalam tubuh sehingga tidak mudah sakit. Anda bisa makan bawang putih mentah setidaknya 1-2 siung setiap hari secara langsung atau menambahkannya ke makanan.

  • Bawang Merah

Meski pada kenyataannya ada beberapa efek samping bawang merah, ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh satu rempah ini untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan ginjal, meski bagus juga dijadikan obat alami untuk batu ginjal. Penyakit ginjal bisa diobati dengan aman dengan menggunakan bawang merah.

Asalkan tidak berlebihan mengonsumsinya, bawang merah tidak akan membahayakan tubuh dan kesehatan Anda. Ada kalanya orang juga menawarkan toksin dengan menggunakan bawang merah ini agar kesehatan ginjal tetap terjaga kebersihannya. Jika ginjalnya bersih, tentunya kesehatannya juga akan terbangun secara otomatis; jadi konsumsi bawang merah setiap hari untuk kesehatan.

  • Putih Telur

Seperti kita ketahui, putih telur merupakan bahan makanan yang kandungan proteinnya cukup tinggi. Asam amino esensial di dalamnya juga tinggi dan berkualitas sehingga sangat baik untuk disertakan dalam daftar menu diet Anda.

Jika Anda tertarik untuk memulai hidup sehat dengan diet ginjal, putih telur adalah makanan yang bisa Anda makan karena kandungan fosfornya lebih rendah bila dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Bahkan dari pada daging dan kuning telur, kandungan fosfornya tidak begitu tinggi.

Jika ingin menggunakannya, Anda bisa membuat telur dadar dengan putih telur, atau sandwich tidak apa-apa. Ide bagus juga saat Anda menambahkannya ke smoothies buatan sendiri. Telur rebus yang dimasak juga bisa digunakan putih untuk dikonsumsi bersama salad sayuran hijau dan salad tuna.

Itulah daftar makanan sehat untuk ginjal yang bisa mencegah maupun mengatasi gangguan pada ginjal. Pilihlah makanan yang benar-benar baik untuk organ-organ tubuh Anda mulai dari sekarang.

Home : Obat Ginjal Bengkak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *