Waspadai Tumbuhnya Kista Pada Ginjal

Waspadai Tumbuhnya Kista Pada Ginjal

Waspadai Tumbuhnya Kista Pada Ginjal

Kista merupakan sebuah tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kista bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja seperti halnya kanker, namun bersifat jinak tidak ganas. Salah satu lokasi tumbuhnya kista adalah ginjal, yang sering disebut kista ginjal.

Baca : Obat Ginjal Bengkak

Kista ginjal diisi dengan cairan ginjal terbentuk dan tas, biasanya melingkar atau elips. Biasanya, kondisi ini terjadi pada orang lanjut usia. Kondisi ini mungkin berhubungan dengan gangguan serius, mungkin mengganggu fungsi ginjal dalam tubuh.

Sebagian besar kasus kista ginjal tidak kanker jinak, tapi jarang menyebabkan komplikasi karena kondisi ini dan tidak menyebabkan itu. Jenis kista ginjal dikenal sebagai kista ginjal sederhana.

Kista ginjal sederhana tidak memerlukan pengobatan apapun, karena mereka menyebabkan tanda-tanda normal dan gejala. Oleh karena itu, kista ginjal sederhana biasanya terdeteksi selama tes pencitraan untuk kondisi medis lainnya. Secara umum, hanya ada satu kista ditampilkan di ginjal. Kesederhanaan Penyebab kista ginjal masih belum diketahui.

Selain kista ginjal sederhana, juga penyakit ginjal polikistik. Ini adalah kondisi adanya beberapa kista ditampilkan di ginjal. Jenis kista juga tidak menyebabkan kanker atau jinak. Penyakit ginjal polikistik biasanya kelainan herediter.

Penyebab Kista Ginjal

Kesederhanaan Penyebab kista ginjal tidak sepenuhnya dipahami belum. Ketika dinding lapisan ginjal melemah dan mulai membentuk kantong, tas dipisahkan dan kista yang berisi cairan. Ini mungkin sebuah teori yang menjelaskan munculnya kista ginjal.

Penyakit kista ginjal beberapa adalah penyakit keturunan itu sendiri. Alasan Ada satu atau lebih cacat gen di dalam tubuh yang menyebabkan kista di ginjal.

Ada faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko mereka kista ginjal mengalami. Secara khusus, faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin. orang tua berusia di atas 50 tahun memiliki potensi besar untuk mengalami kista ginjal sederhana.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Glomerulonefritis Pada Ginjal

Gejala Kista Ginjal

Kista ginjal sederhana tidak menyebabkan tanda-tanda normal dan gejala. Kista, gejala yaitu muncul ketika menjadi sangat besar.

  • Infeksi yang menyebabkan demam, menggigil, atau gejala lain dari infeksi.
  • Pains dan nyeri ditampilkan di bagian belakang, sisi (antara tulang rusuk dan pinggang), atau kista perut bagian atas menekan pembengkakan dan organ lainnya.
  • Sering buang air kecil.
  • Darah dalam urin dan urin gelap.
  • Hal ini jarang terjadi, tetapi fungsi ginjal mengalami penurunan.

Berikut adalah fenomena yang terjadi pada penyakit ginjal polikistik.

  • Ginjal untuk rasa sakit dan pembengkakan.
  • Deteksi protein dalam urin.
  • Darah dalam urin akan menunjukkan kondisi ini, sehingga satu atau beberapa kista bisa menghilang perdarahan.
  • Batu ginjal dapat menyebabkan sakit parah ketika ada batu blok di ureter (tabung yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih). Jika batu kecil, tidak akan menyebabkan gejala sama sekali.
  • Hipertensi.
  • Infeksi ginjal muncul lagi.
  • Rasa sakit dan / atau perut bengkak muncul.

Jika Anda merasa bahwa gejala lanjut dapat berhubungan dengan kista ginjal, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter.

Baca : Obat Ginjal Bengkak

Diagnosis Kista Ginjal

Di sini, ujian yang dilakukan untuk mendukung diagnosis kista ginjal adalah sebagai berikut :

  • Tes Pencitraan. Diagnosis kista ginjal biasanya terjadi secara tidak sengaja melalui tes pencitraan untuk memeriksa kondisi medis lainnya. Sebab, kista ginjal biasanya tidak menimbulkan gejala yang berarti. Tes pencitraan yang bisa mendeteksi kista ginjal diantaranya adalah USG, CT scan, dan MRI.
  • Tes Darah. Contoh darah akan diambil untuk diuji di laboratorium, mengetahui apakah kista ginjal yang muncul mempengaruhi fungsi dari ginjal atau tidak.
  • Tes Urin. Contoh air urin akan diambil untuk diuji, apakah ada darah atau protein di dalam urin atau tidak.

Komplikasi Kista Ginjal

Beberapa komplikasi yang dapat terjadi sebagai akibat dari kista ginjal di sini adalah :

  • Kista pecah. Jika kista ginjal pecah, makan akan menyebabkan sakit yang cukup parah di bagian punggung atau bagian samping tubuh, antara tulang rusuk dan panggul.
  • Kista terinfeksi. Rasa sakit dan demam dapat terjadi ketika kista ginjal terinfeksi.
  • Gangguan buang air kecil, sulit buang air kecil, dan dapat menyebabkan ginjal bengkak.
  • Mengalami gagal ginjal. Hampir setiap penyakit ginjal memang beresiko menyebabkan gagal ginjal, jika terlambat ditangani dengan baik.
  • Hipertensi. Penyakit ginjal polikistik dapat meningkatkan risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, karena ginjal memiliki peran penting dalam pengendalian tekanan darah. Dan jika anda memiliki tekanan darah tinggi, maka anda juga semakin bereisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Baca Juga : Mendeteksi Masalah Ginjal Dengan Beberapa Tes Berikut

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *